Kamis, 30 Agustus 2012

menginstall XP

Cara menginstall windows XP

Yang harus dipersiapkan:
1. Seperangkat komputer lengkap dengan CDROM/DVDROM
2. CD/DVD WINDOWS XP
Langkah-langkah:
1. Hidupkan komputer, kemudian masuk ke system BIOS dengan menekan tombol DEL (umumnya tombol DEL atau perhatikan tulisan di layar pada saat pertama kali menghidupkan komputer).
2. Ubah “1stboot device” yang biasanya terdapat pada ADVANCE SETTING ke CDROM/DVDROM.
3. Tekan F10 atau pilih SAVE CHANGES AND EXIT.
4. Komputer akan restart secara otomatis.
5. Hidupkan kembali komputer, perhatikan dilayar akan muncul tulisan “PRESS ANY KEY TO BOOT FROM CD”, kemudian tekan sembarang tombol agar system komputer boot dari CDROM/DVDROM.
6. Proses awal instalasi akan berjalan. Tunggu sampai muncul tulisan “PRESS ENTER TO CONTINUE, PRESS F3 TO EXIT and PRESS R TO REPAIR”. Tekan ENTER untuk melanjutkan instalasi.
7. Akan muncul sebuat agreement. Tekan F8 untuk i agree
8. System akan mengecek apakah di dalam komputer sudah ada system WINDOWS XP sebelumnya. Jika sudah ada maka akan muncul pilihan untuk instalasi ulang denga menekan ESC atau untuk repair dengan menekan R.
9. Untuk sekarang kita akan melakukan instalasi ulang dengan menekan tombol ESC.
10. Akan muncul partisi yang ada pada hardisk (jika sebelumnya sudah di partisi).
11. Kita bisa melakukan partisi ulang dengan menghapus partisi yang lama terlebih dahulu, baru membuat yang baru. Cara-cara untuk partisi ulang sudah tertera pada layar. Biasakan membuat min 2 partisi. 1 untuk system WINDOWS dan 1 lagi untuk DATA.
12. Setelah kita partisi ulang, tekan “ENTER” pada partisi yang akan diinstall WINDOWS. Usahakan menginstall WINDOWS pada partisi drive C.
13. Setelah menekan “ENTER” akan muncul pilihan formating. Apakah partisi tersebut mau diformat dengan system apa. Biasakan menggunakan system “NTFS” dan pilih yang “QUICK” agar system melakukan format dengan cepat.
14. Proses format dan copy file akan berjalan. Tunggu sampai proses copy selesai. System akan restart secara otomatis.
15. Masuk ke BIOS lagi, ubah “1stboot device” ke hardisk (HDD 0) kemudian tekan F10
16. System akan melakukan proses instalasi. Tunggu sampai proses instalasi awal selesai, System akan meminta kita memasukkan computer name dan company name. Jika sudah tekan NEXT.
17. Masukkan Serial number CD WINDOWS yang dipakai lalu tekan NEXT.
18. Pilih Regional temapt kita untuk DATE AND TIME. Kemudian NEXT.
19. System akan menginstall Network Device. Setelah selesai, system akan memintak kita configurasi network. Tekan NEXT 2x karena kita tidak membahas NETWORKING.
20. System akan melanjutkan proses instalasi kembali kira-kira 20 menit. Tunggu sampai komputer melakukan restart dengan sendirinya yang menandakan proses instalasi telah selesai.
21. Akan muncul WELCOME note WINDOWS XP. Tekan NEXT. Kemudian lakukan registrasi jika mau, jika tidak pilih ” No Thanks” dan tekan NEXT. Isi nama username kita, lalu tekan NEXT. Kemudian tekan FINISH.
22. Instalasi WINDOWS telah selesai. Selamat menggunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar